Laman

Kamis, 11 September 2014

Curhatan Minggu Ini

Yeyeyy, akhirnya sempet nulis lagi. Walaupun ini masih ga niat. Yah, daripada blognya sepi ya. Lagi sibuk-sibuknya kuliah ini. Baru ngerasain jadi mahasiswa sesungguhnya. Belajar-belajar-belajar. Suatu hari, aku iseng baca-baca buku Fiqih Wanita yang selama ini jadi pajangan di rak buku. Pada bab pendahuluan ada tulisan:

"Kebutuhan manusia akan ilmu lebih besar daripada kebutuhan terhadap makan dan minum. Hal tersebut dikarenakan manusia memerlukan makan dan minum, cukup sekali atau dua kali saja. Sedangkan kebutuhan akan ilmu sebanyak hembusan nafasnya" - Imam Ahmad

Yaa, dari situ aku baru sadar (ya ga sih, daridulu juga udah tau kalo menuntut ilmu itu ibadah). Tapi ternyata prioritas menuntut ilmu jauh lebih tinggi daripada makan dan minum. Weizz, bukan berarti trus lupa makan dan minum. Bisa mati. Yaah, menyenangkan sekali semester 3 ini. Apalagi Akustika, Optika, dan Perpindahan Panas dan Massa. Walaupun pusing-pusing ga jelas juga sama Elektromagnetika,

Hari minggu kemarin ulangtahun Fiki, kita (aku, Irma, Gigih, Gita, Yovita, Satria) bikin kejutan ceritanya. Tapi Satria ga dateng malah balik Solo, wooo. Waktu itu Fiki usai rapat Epsilon di selasar. Dan kondisi habis di kasih surprise ama Mas Jun. Ciecie. Habis itu ditraktir Fiki deh di sop pak nanto. Ye makasih Fiki.

Seninnya ada forum sharing KMTF. Usai acara aku sama Gita mau makan, udah janjian, tapi belum mutusin mau makan dimana. Tiba-tiba Hutomo dan Daniel dateng ngecengin si Gita ama Daniel. Terus Uut pergi ke bawah, tinggal aku, gita, daniel. Dan mereka ngobrol berdua lama banget. Daripada aku gabut mending aku sok-sokan baca artikel Avante. Eh masih lama , yaudah baca mading Kamase. Elaah, ga selese2 lagi, udah laper pula. Akhirnya aku masuk keruangan. Masih ada anak anak PSDM yang pada sharing di TN-3. Aku nunggu di bagian belakang kelas deket pintu sambil ngeliatin kalo si Gita cari aku. Karena anak PSDM udah selesei akhirnya aku keluar. Nah pas aku keluar, aku denger Gita ngomong "Yaudah aku makan sama kamu aja (Daniel)" TERUUUS SELAMA INI AKU NGAPAIN NUNGGUIN???? Hfft bete ga sih.

Karena aku sebel aku marah-marah. Trus jadi bingung si Gita dilema. Sampai parkiran, katanya mau makan bareng aja sama anak2 PSDM. Waktu itu ada aku, gita, daniel, hutomo, dita, fiki. Ternyata si Gita brg Daniel, Hutomo brg Dita, Fiki menghilang, mungkin sama Mas Jun.. Dan aku, ditinggal sendirian, di parkiran, malem malem, ba-ya-ngin (nb: baca kalimat ini harus pake nada sama ekspresiku, wkwk). Kan kesel tuh, yaudah aku pulang aja deh bodo amat. Duduk duduk diluar rumah sambil ngeliatin langit karena bulannya lagi baguuus banget. Cerah langitnya. Karena aku ngantuk yaudah aku bobo aja gajadi makan. End.

Yaah aneh lah hidup seperti ini. Kadang susah kadang gampang.

Senin, 18 Agustus 2014

Pembukaan PPSMB PALAPA 2014 Universitas Gadjah Mada



PALAPA 2014

Aku tergabung dalam Tim Jurnalis Independen Fakultas Teknik 2014. TJI ini sudah menerbitkan 2 buletin Technopost, dan aku belum ada kontribusi dikeduanya gara-gara ikut International Energy Conference, ASTECHNOVA. Jadi kemarin kemarin itu, Mas Deni selaku pimred bilang kalo gausah ngliput dulu soalnya gaada ID card dan seragam (belum jadi). Nah, karena aku orangnya penasaran sama pembukaan PALAPA nya, jadi aku inisiatif dateng di hari pertama (cerita ppsmb ada sekian hari). Biasanya pembukaan itu bakal meriah. Yaudah aku sebagai fotografer TJI ngajak mbak Syifa PWK 12 sebagai koor Fotografer TJI. 

Pagi-pagi sebelum beraksi, aku mampir atm Mandiri Jakal dulu buat bayar UKT. Karena hari itu mau KRSan. Eh, malah ngerror atmnya. (Ceritanya belum ada pengumuman menambahkan angka 888 di depan NIU), yaudah putus asa. Malah ngobrol sama mas-mas yang sama trouble nya. Nah, habis itu, aku parkir di kopma. Kita siap ngefotoin para mabs mabs UGM. Awalnya takut soalnya ya kita gaada ID dan ijin resmi dari panitia. Salahnya, CP di sms ga bales-bales. Yaudah nekat aja kita foto-foto. Sempet ketemu sama anak Pertanian yang mau ngefotoin. Ternyata sama aja kita. Yaudah. Aku dan mbak Syifa ngebolang. Sebelumnya lagi duduk duduk sempet disapa sama cowok "Hey Maya" hah, maba mana nih kok kenal aku. Ternyata eh ternyataaa si Ryan Rivaldi anak Teknik Mesin 13. Gembel emang, dia pindah ke Hubungan Internasional. Huhuu, kehilangan aktor. Ceritanya si Ryan ini satu kelompok film di komunitas film ku (Klub Fiagra) di teknik. Awalnya nih orang pendiem sampe sebel sendiri, lama lama ternyata ga jelas. Kalo ga salah dulu dia ngomong mau masuk Ilmu Komunikasi (atau HI ya aku lupa) eh malah keterima Teknik Mesin. Yasudahlah mungkin dia sukanya disana. Goodluck Ryan di Jurusan Baru. Film diklat fail kelompok kita jadi saksi bahwa kau mantan anak teknik. Hahahaha. 

Akhirnya sempet ketemu orang PDD. Katanya suruh ngehubungin/ nyari Humas. Mumpung mbaknya lagi bareng maskot palapa. Akhirnya foto dulu deeeh,

Palupi dan Palopo

Ngider ngider, akhirnya ketemu ama mas mas Humas. Untung aja di bolehin, tapi cuma sehari doang. Hari berikutnya harus nuker ID card TJI dengan ID Card PALAPA. Upacara pembukaan ini dipimpin oleh orang dari UKM Pramuka, sedangkan pembinanya adalah Pak Rektor. Setelah pemukulan gong, ada penyerahan  secara simbolis berupa slyer kepada mahasiswa baru. Tahun ini ada 9133 mahasiswa baru dari 33 provinsi di Indonesia dan mahasiswa asing dari 3 negara. Sedangkan PPSM ini diikuti oleh 9408 mahasiswa (termasuk 270 mahasiswa yang tidak lulus ppsmb palapa tahun sebeumnya). Selanjutnya ada penghargaan kepada 12 Mahasiswa berprestasi.

Mahasiswa Baru 2014

PPSMB Palapa ini bertemakan "Menyiapkan Pemimpin Muda yang Cerdas, Inspiratif, dan Berbudaya". Dikelompokan berdasarkan gugus2 yg multikultur bertujuan untuk mempercepat persatuan mahasiswa di UGM dan memberikan semangat Bhineka Tunggal Ika. Ada gugus Jawa, Sumatera, Kaliamantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Setelah itu ada orasi dari Bapak Anies Baswedan. Waktu itu aku sama mbak Syifa nekat buat foto-foto maju ke depan banget. Yess akhirnya berhasil. Walaupun beberapa kali ditanyain anak PDD "dapet ijin belum". Jadi pidato Pak Anies ini secara garis besar memberikan semangat kepada mahasiswa baru. Udah. Hahaha, jadi saya tidak bisa merangkai kata. Beliau mengatakan bahwa: 


  • GPA itu hanya mengantarkan anda pada job interview. Tetapi pengalaman berorganisasi mengantarkan anda ke masa depan yang cerah. Akan tetapi, ada syaratnya. Yaitu IPK tetap harus bagus (ga kayak saya, wkwk). 
  • Syarat pemimpin adalah memiliki pengikut. Sehingga kita harus belajar berinteraksi dengan orang untuk mendapatkan pengikut (gitu deh, ngerti kan maksudnya). 
  • Mahasiswa UGM wajib menguasai bahasa Internasional. Bukan bahasa Asing. 
  • Kita harus memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini. Percuma kita punya Facebook jika tidak bisa memanfaatkan hal yang baik. Bukan masalah banyak tidak nya teman kita. Tapi siapa kah teman-teman kita (ga kayak saya jaman dulu confirm sembarang orang, yang akhirnya nyampah tidak bermutu di timeline, huft).
  • Kita harus menjadi bagian dari dunia global dan mewarnai dunia global tersebut.
  • Belajar komunikasi. Targetkan untuk bisa menulis di media. Entah membuat blog dan semacamnya. Tulis apa yang kita aami, rasakan, pikirkan. Tulis apapun itu, seperti perjuangan saat masuk UGM. Jerih payah, prestasi, pengalaman. Jadikan semua itu sebagai inspirasi. Sebarkan pada adek-adek kelas yang punya mimpi untuk masuk kedalam Universitas Gadjah Mada. Jadikan kita, sebagai mahasiswa UGM, seseorang yang inspiratif. Akan datang suatu zaman (intinya bahasanya gitu) bahwa, skill menulis kita akan terlatih secara reguler dan akan bermanfaat ketika lulus nanti (semacam saat melamar kerja, mungkin.. entahlah).
  • Jika kita harus berenang di lautan/ samudera yang luas. Mana yang kita pilih? Berlatih di kolam atau berlatih ketika di samudera. Pak Anies mengatakan bahwa, UGM adalah kolam/ tempat berlatih. Dimana suhu, resiko, kedalamannya terukur. Berlatih di dalam kolam jauh lebih aman. Intinya saat nanti keluar dari gerbang UGM, kita sudah siap menghadapi tantangan diluar.
  • Jadilah mahasiswa yang berprestasi dikelas dan bermartabat. Agar cerdas, inspiratif, dan bersahaja saat usai di wisuda nanti.

Bapak Anies Baswedan

Selanjutnya ada drama dari teater gadjah mada, unit tari, perisai diri yang menceritakan tentang peperangan antar suku di nusantara sehingga menyebabkan perpecahan. Lalu, Mahapatih Gadjah Mada, bersumpah untuk menciptakan persatuan dan kemakmuran di negeri ini.

Perisai Diri



Persiapan menuju lapangan

Unit Tari

Unit Tari



Teater



Mahapatih Gadjah Mada



Usai sudah deh Pembukaan PALAPA kali ini, ga sabar nunggu penutupan Palapa. Pasti banyak perform yang menarik. Tapi gatau deh bisa nonton apa enggak, karena harus balik Semarang jadi panitia nikahan tetangga..

Dari lapangan GSP, para maba menuju ke gugus masing masing, ada ke teknik, hukum, kedokteran dll. Buat yang ke klaster barat kan harus nyebrang jalan kaliurang tuh. Hadeuh, rame banget, macettt.

Ayo lari-lari

Mbak Keamanan dan Mas MENWA


PPSMB UGM 2014


Hmm, aku rak nggowo masker

Moga-moga lulus cepet


Mendengarkan orasi Pak Anies Baswedan



Maba dengan caping warna warni

Klaster klaster

Menyebrangi Jalan Kaliurang


From backstage


Fakultas Teknik is The Best






Minggu, 17 Agustus 2014

HUT RI KE - 69. MERDEKA!!!

Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita..

Ah kangeen kangen banget nyanyi lagu ini waktu masih SD. Lomba-lomba diikutin ini itu. Nyenengin banget. Apalagi lomba-lomba di kompleks perumahan. Biasanya diadakan seminggu sebelum 17 Agustus. Didahului jalan sehat, lalu makan kacang ijo dan doorprize. Nah, waktu kecil, lomba yang paling sering aku ikutin yaitu lomba nyanyi. Dan aku selalu menang, walaupun ga diposisi pertama. Aneh, suaraku jelek banget gaada merdu2nya. Yang penting waktu itu aku menyanyi dengan nada yang benar. Lomba-lomba macam kelereng, sepeda lambat, makan krupuk juga sering aku ikutin. Dulu, jaman masih pada SD. Sekarang udah gede-gede. Udah pada lulus bahkan menikah. Lalu malam 17 Agustus diadakan malam tirakatan. Menyanyi Indonesia Raya dan 17 Agustus dll, karaokean, pengumuman lomba dari lomba anak, bapak, ibu, dan keluarga. Yang paling nyenengin adalah makan makan gratis. Asik banget kayak kondangan/nikahan. Makanan wajib di RT ku adalah, Tengkleng. Gangerti lagi sama mak pak nya. Aku sih suka bakso atau yang berkuah + teh manis panas. Nyammm, nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan..

Tapi, malam kemerdekaan kali ini sungguh berbeda. Ya, aku sudah ada di Jogja bersama teman teman seperjuangan, teman teman perantauan. Sore itu, aku pengen banget malemnya jalan kaki dari rumah ke Malioboro. Sekedar refreshing, kali aja ada pertunjukan apa gitu menjelang HUT RI ke - 69. Aku ajakin ini itu pada gabisa. Hingga akhirnya Gigih mau ikut, lalu Citra, Fadhil, Gita, dan Yovita. Asiiik seneng banget. Ga tega ngajak mereka jalan kaki, yaudah naik motor. Kita makan dulu di SS alun2 utara, terus duduk duduk di deket monumen serangan 1 maret. Kita deep intro sampe setengah 2 pagi. Parah. Tapi masih rame orang sih. Seneng banget, menikmati hidup, tanpa beban. Walaupun IPK tetap menjadi pembicaraan. Gara-gara deep intro ini, jadi tau deh kisah si ini si itu hahaa. Ada yang ngenes, ngenes, ngeri, kasihan ah aneh-aneh. Jadi sebenernya deep intro macam apa ujung2nya juga ngomongin asmara. Hahaha :"

          



Nah, waktu tanggal 17 Agustusnya, rencana mau lihat upacara ke Gedung Agung. Tapi malah bangun jam 9 pagi. Laah, yaudah batal. Eh, di telepon budhe suruh ketemu mbak Mita dari Amerika di Grand Zuri. Yaudah langsung bangun, mandi, ga sarapan berangkat. Seneng deh, di ceritain macem2. Tips and trick milih kerja, job interview, lamaran, dll. Yap, mbak Mita ini suaminya orang bule namanya John. Habis dari situ aku foto 3 x 4 dulu buat KRSan.

Sampai dirumh langsung tepar, baru tidur 15 menit udah kebangun gara2 ada klontang klonteng gamelan depan rumaah. Eeeeh, ternyata ada parade kemerdekaan 3 RW di sekitar rumah. Langsung ambil kamera loncat dari tempat tidur cuma pake..baju rumahan.. Aslinya mau ke Malioboro , tapi kayaknya gaada apa apa deh. Habis itu langsung mandi, cus ke Gedung Agung mau liat upacara penurunan bendera, elaah telat. Yaudah dapet ga jelas fotonya.

Rencananya waktu itu mau ambil foto trus beli perangko sekalian di gramedia. Elaah, susah bener cari perangko. Sampe muter muter sana sini. Untung naik motor. Kalo naik mobil udah ga ngerti abis duit parkir berapa. Ceritanya udah tepar sampe di PostShop sebelah kantor pos KM 0. Sampe mas nya kasihan kali liat aku *alah* akhirnya beli semacam Slurpee gitu, duduk termenung. Gatau lagi cari perangko buat KRSan dimana. Yasudah, pulang. Waktu mau jalan ke parkiran motor depan BNI, pengen aja mampir ke warung kecil. Yaelah boo, ternyata jualan perangko segitu banyak. Kampretos. Mana harga perangko sama parkir motor mahalan parkir motor lagi huh #medhit































Minggu, 10 Agustus 2014

Masih Aja..

Ah, sibuk banget agustus ini. Sebelumnya menggarap 3 video. Lalu mempersiapkan untuk pekan internasional jurusan teknik fisika UGM. Ada Nuclear Security Workshop, International Energy Conference "Astechnova", dan Workshop Teknik Fisika. Belum lagi ospek fakultas, jadi fotograferanya "Tim Jurnalis Independen" maaf ya temen2 jarang kumpul, prioritas pertama ada di Astechnova karna lebih dahulu. Adospek jurusan, udah 2 video kelar. Tinggal 2 video lagi. Semangaat! Belum lagi majalah teknik fisika, bakal jadi pimred terakhir di intel. Besok gantian yang lain. Ada juga garap film/ berita jalan jalan dan makan nya klub Fiagra. Terakhir EPSILON, Innovation..apa ya aku lupa sampean.

Sudahlah, maruk dasar maruk semua diambil. Alhasil IP semester ini belum mencapai target aman (ya.. standar aman anak teknik..), apalagi IPK hfft menyedihkan. Walaupun nilainya naik, seenggaknya ada peningkatan. Seperti janjiku dihadapan 3 dosen saat seleksi panitia Astechnova. Aku ga bohong kan, pak, bu hehee. Kan naik bener walaupun belum dapet IP...ah sudahlah. Pokoknya semester 3 aku gaakan ambil 'job' hahaa. Kayaknya bakal lebih milih magang di perusahaan atau tempat2 kantor kayak gitu, Bismillahirrahmanirrahim. Kali ini bakal naikin IP banget deh. Amin. Aku sudah merancang mimpiku secara detil. Kalo ga usaha, ya sia-sia. Semoga aku bisa ambil mekanika fluida smt 4, biar aku ga nunda2 lagi. Nanti kapan aku lulus..kapan kerja..kapan...yang lain lain :)

Baru aja ngurusin buat Astechnova sama Workshop Teknik Fisika. Nanti saja aku ceritakan setelah semua usai. Gatau kenapa aku seneng aja sama kesibukanku ini. Aku merasa nyaman aja kalo aku sibuk, pusing, kebingungan ngerjain mana, sampe stress atau menangis. Daripada aku harus berdiam diri dirumah, tidak ikut apa-apa, hanya makan, tidur, main. Ah, hidup hanya sekali. Harus dimanfaatkan setiap waktunya. Kata salah satu dosen, sebagai mahasiswa kita harus banya belajar, banyakin komunikasi dengan orang lain. Gitu deh, aku seneng ikut acara ini, apalagi kerjanya sama dosen yang udah jelas ini itu nya. Bonus petuah dan banyak banget informasi dari mereka, selain itu bonus bule bule yang bikin kita mengasah skill bahasa inggris dan pengetahuan lai, dan juga para orang-orang pintar, sukses. Menyenangkan.

Tapi.. masih aja aku mikirin. Siapa lagi kalo bukan..wahai orang misterius itu. Hahaa. Sudahlah. Aku yang bodoh karena tidak mendapatkan jejakmu di dalamnya. Atau memang tidak ada? Huft, kenapa sih.. Sebel. Bikin kepikiran terus-terusan. Kalo aku mati penasaran, apa kamu mau tanggung jawab? Hahaha *lebay dan norak*

Yang jelas hari ini aku mengalami kejadian langka, hahaa. Ah senangnya :)

Senin, 14 Juli 2014

Share

Mau share aja siiih, ga ngerti kenapa aku suka aja sama artikel di web ini. Hmm, semoga berguna!!!

1. Anak Muda Umur 20an Pasti Mengalami Ini, Kalau Kamu?

2. 20 Tanda Bahwa Hidupmu Sudah Berada di Jalur Yang Tepat

Emang belum 20 tahun siih, masih tahun depan. Ya Allah, tua yaa. Sudah hampir berkepala 2. Semoga hari-hari ke depan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Amin.